5 Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas

5 Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Saat menggunakan ponsel, tentu Anda merasa suhu meningkat dan menjadi panas. Suhu ponsel yang panas dapat disebabkan oleh berbagai hal. Biasanya penyebab suhu panas ini adalah dari baterai dan mesin ponsel. Tetapi bisa juga disebabkan oleh faktor eksternal, seperti meletakkan ponsel di tempat yang panas.

Tentu saja jika suhu ponsel menjadi panas itu akan membuat pengguna tidak nyaman menggunakannya. Terutama jika suhu ponsel dalam keadaan tidak wajar, perangkat keras di dalam ponsel mungkin mengalami masalah. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan tips di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas

5 Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas

1. Matikan ponsel segera jika suhunya terlalu panas

Jika Anda merasa suhu ponsel Anda terlalu panas, Anda harus segera mematikan ponsel Anda dan tunggu beberapa saat untuk menggunakannya lagi. Saat Anda mematikan ponsel, seluruh proses yang berjalan saat ponsel aktif akan berhenti. Tentu saja, setelah seluruh proses dihentikan, suhu ponsel akan otomatis berkurang.

2. Lepaskan tutup pelindung

Beberapa orang memilih untuk menggunakan penutup pelindung agar ponsel tidak tergores. Tapi, yang perlu Anda perhatikan adalah jenis penutup yang digunakan tidak terlalu tebal. Penggunaan penutup yang tebal dapat menutupi lubang udara pada ponsel. Tutup pelindung dapat menghalangi udara panas yang keluar dari ponsel. Akibatnya ponsel menjadi lebih cepat panas. Segera lepaskan penutup ponsel jika suhunya panas.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bisa menjadi penyebab panas cepat. Jika Anda sudah tahu itu, Anda harus segera mengelola aplikasi yang terinstal di ponsel Anda. Beberapa aplikasi akan terus berjalan di latar belakang bahkan ketika tidak digunakan. Tentu saja semakin banyak aplikasi yang Anda miliki, semakin banyak proses yang berjalan. Untuk itu, segera hapus aplikasi yang tidak terlalu berguna di ponsel Anda, untuk mencegah potensi ponsel terlalu panas.

4. Matikan koneksi saat tidak digunakan

Kebiasaan yang dapat membuat ponsel panas adalah untuk memungkinkan koneksi data seluler, WiFi, GPS, Bluetooth dan bahkan Hotspot menyala meskipun mereka tidak digunakan. Koneksi yang terus menyala akan membuat ponsel Anda mengonsumsi lebih banyak daya baterai. Tentu saja hasilnya adalah ponsel Anda menjadi panas lebih cepat. Matikan koneksi yang tidak digunakan segera sehingga penggunaan baterai tidak berlebihan.

5. Gunakan baterai asli

Rasanya cukup alami jika Anda merasa suhu ponsel panas cepat ketika menggunakan baterai non-asli. Karena memang kualitas baterai KW tidak akan sama dengan aslinya. Karena itu, ada baiknya jika baterai ponsel rusak segera ganti dengan baterai asli yang baru.

Leave a Reply