Pidato Visi Misi Presiden Terpilih Ir. H Joko Widodo

Pidato Visi Misi Presiden Terpilih Ir. H Joko Widodo

Presiden terpilih Jokowi menyampaikan pidato tentang visi dan misi pemerintah selama lima tahun ke depan di Visi Indonesia, Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).

Jokowi datang disertai oleh wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin dan sejumlah tokoh partai politik koalisi yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pidato Visi Misi Presiden Terpilih Ir. H Joko Widodo

Pidato Visi Misi Presiden Terpilih Ir. H Joko Widodo

Inilah pidato lengkap Jokowi di Visi

Assalamuallaikum wr. Wb

Damai untuk kita semua

Om swastiastu

Namo buddhaya

Salam kebajikan

Bapak, Ibu, saudara dan saudari dari negara dan semua orang Indonesia, yang saya cintai. Wanita dan pria.

Kita harus menyadari, kita harus menyadari semua bahwa kita sekarang hidup dalam lingkungan global yang sangat dinamis! Fenomena global yang kita tahu, penuh dengan perubahan, penuh kecepatan, penuh risiko, penuh kompleksitas, dan penuh kejutan, yang seringkali jauh dari perhitungan kita, sering jauh dari perhitungan kita.

Oleh karena itu, kita harus mencari model baru, cara baru, nilai-nilai baru dalam menemukan solusi untuk setiap masalah dengan inovasi. Dan kita semua harus mau dan kita akan memaksa mereka untuk mau. Kita harus meninggalkan cara lama, pola lama, baik dalam mengelola organisasi, baik dalam mengelola lembaga, dan dalam mengelola pemerintah. Yang sudah tidak efektif, kami membuatnya efektif! Yang sudah tidak efisien, kami membuatnya efisien!

Manajemen seperti ini yang kita butuhkan sekarang. Kita harus pergi ke negara yang lebih produktif, yang memiliki daya saing, yang memiliki fleksibilitas tinggi dalam menghadapi perubahan-perubahan itu. Karena itu, kami menyiapkan panggung besar.

PERTAMA, kami akan melanjutkan pembangunan infrastruktur! Kami telah membangun infrastruktur besar. Di masa depan, kami akan terus lebih cepat dan menghubungkan infrastruktur besar, seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan, dan bandara dengan area produksi masyarakat. Kami terhubung dengan area industri kecil, terhubung dengan Zona Ekonomi Khusus, terhubung dengan area pariwisata. Kami juga harus menghubungkan infrastruktur besar dengan sawah, area perkebunan, dan kolam perikanan.

KEDUA, pengembangan SDM. Kami akan memberikan prioritas pengembangan kami untuk pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan SDM adalah kunci Indonesia di masa depan. Titik awal pengembangan SDM adalah memastikan kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini adalah masa keemasan untuk mencetak orang Indonesia yang unggul di masa depan. Itu harus dijaga dengan baik. Jangan biarkan pengerdilan, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat. Tugas besar kita ada di sana!

Kami juga akan meningkatkan kualitas pendidikan. Anda dapat yakin akan pentingnya pelatihan kejuruan, pentingnya sekolah kejuruan. Kami juga akan membangun lembaga Talent Management Indonesia. Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, dan memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri untuk talenta Indonesia.

Diaspora yang sangat berbakat harus memberikan dukungan untuk memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia. Kami akan menyiapkan lembaga khusus yang menangani manajemen bakat ini. Kami akan mengelola talenta hebat yang dapat membawa negara ini bersaing secara global.

KETIGA, kita harus mengundang investasi seluas mungkin untuk membuka peluang kerja. Tidak ada yang alergi terhadap investasi. Dengan cara ini pekerjaan akan terbuka sebanyak mungkin. Karena itu, yang menghambat investasi, semuanya harus dipangkas, baik lisensi yang lambat, berbelit-belit, apalagi kalau ada pakar! Hati-hati, di masa depan saya memastikan saya akan mengejar, saya mengontrol, saya memeriksa, dan saya mengalahkan jika diperlukan. Tidak ada lagi hambatan investasi karena ini adalah kunci untuk membuka pekerjaan.

KEEMPAT, sangat penting bagi kita untuk mereformasi birokrasi kita. Reformasi struktural! Agar institusi menjadi lebih sederhana, semakin sederhana, semakin gesit! Awas! Untuk pola pikir, pola pikir birokrasi tidak berubah, saya memastikan saya akan memotongnya!

Kecepatan layanan, kecepatan pemberian izin, adalah kunci reformasi birokrasi. Saya akan memeriksanya sendiri! Saya akan mengendalikan diri! Begitu saya melihatnya sebagai tidak efisien atau tidak efektif, saya memastikan saya akan memotongnya, melepas pejabat itu. Jika ada institusi yang tidak berguna dan bermasalah, saya akan bubar!

Tidak ada lagi pola pikir! Tidak ada lagi pekerjaan linier, tidak ada lagi pekerjaan rutin, tidak ada lagi pekerjaan yang monoton, tidak ada lagi pekerjaan di zona nyaman. HARUS DIUBAH! Sekali lagi, kita harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam pekerjaan kita, menuntut agar kita cepat beradaptasi dengan zaman. Kemudian kita harus terus membangun Indonesia yang ADAPTIF, Indonesia yang produktif, dan Indonesia yang INOVATIF, Indonesia yang KOMPETITIF.

KELIMA, kita harus memastikan bahwa penggunaan APBN terfokus dan tepat sasaran. Setiap rupiah yang keluar dari APBN, yang semuanya harus kita pastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat bagi rakyat, meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

SELAMAT SELAMAT IBU DAN AUDIENSI, tetapi saya perlu mengingatkan Anda bahwa mimpi besar hanya dapat terwujud jika kita bersatu! Jika kami optimis! Jika kami percaya diri! Kita harus ingat bahwa negara kita adalah negara besar! Negara dengan 17 ribu pulau. Dengan lokasi geo-politik yang strategis. Kami adalah negara dengan Unity in Diversity! Memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Demografi kami juga sangat kuat! Populasi adalah 267 juta, mayoritas di antaranya berada di usia produktif.

Kita harus optimis tentang masa depan! Kita harus percaya diri dan berani menghadapi tantangan persaingan global. Kita harus yakin bahwa kita bisa menjadi salah satu negara terkuat di dunia.

Persatuan dan kesatuan bangsa adalah pengikat utama dalam mencapai kemajuan. Kita harus terus memperkuat persatuan dan persaudaraan kita! Hanya dengan dipersatukan, kita akan menjadi negara yang kuat dan dihormati di dunia! Ideologi Pancasila adalah satu-satunya ideologi nasional yang harus menjadi bagian dari setiap warga negara!

Dalam demokrasi, mendukung kandidat diperbolehkan. Mendukung dengan militansi tinggi juga diperbolehkan. Menjadi oposisi juga sangat mulia. Silahkan. Selama oposisi tidak menyebabkan balas dendam. Hanya saja, jangan menyebabkan oposisi membenci. Apalagi disertai dengan hinaan, hinaan, dan makian.

Kami memiliki norma-norma agama, etika, tata krama, dan budaya luhur.

Pancasila adalah rumah kita bersama, rumah bersama kita sebagai teman sebangsa! Tidak ada toleransi sama sekali bagi mereka yang mengganggu Pancasila! Siapa yang mempertanyakan Pancasila! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak menginginkan Bhinneka Tunggal Ika! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak toleran terhadap perbedaan! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak menghormati pengikut agama lain, kelompok etnis lain, dan kelompok etnis lain.

Sekali lagi, ideologi kami adalah Pancasila. Kami ingin bersama di Bhinneka Tunggal Ika, dalam keanekaragaman. Pilar-pilar itu indah. Saudara-saudara itu cantik. Serikat itu indah.

Saya yakin, kita semua berkomitmen untuk menerapkan demokrasi yang beradab, yang mengarah pada kepribadian yang tinggi di Indonesia, yang menjunjung tinggi martabat Indonesia, yang akan membawa Indonesia ke Indonesia yang maju, adil dan makmur.

Advanced Indonesia adalah Indonesia di mana tidak ada seorang pun yang tertinggal untuk mencapai tujuan mereka. Indonesia yang demokratis, yang hasilnya dinikmati oleh semua orang. Indonesia, di mana setiap warga negara memiliki hak yang sama di depan hukum. Indonesia yang mengendalikan sains dan teknologi kelas dunia. Indonesia mampu mempertahankan dan mengamankan bangsa dan negara di dunia yang semakin kompetitif.

Ini bukan tentang saya, atau Anda. Juga bukan tentang kita, atau mereka. Bukan Barat atau Timur. Juga bukan Selatan atau Utara. Sekarang bukan waktunya untuk memikirkan itu semua. Tapi ini saatnya memikirkan bangsa kita bersama. Jangan pernah ragu untuk maju karena kita bisa jika kita bersatu!

Terima kasih,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply