Inilah 6 Tanaman untuk Membersihkan Gigi di Zaman Dulu

Inilah 6 Tanaman untuk Membersihkan Gigi di Zaman Dulu

Pada saat ini mungkin sangat mudah untuk membersihkan gigi hanya membeli pasta gigi di supermarket, tetapi orang-orang di zaman dulu membersihkan gigi mereka menggunakan bahan-bahan alami dan ternyata memiliki manfaat atau manfaat, ulasan berikut untuk Anda:

1. Siwak

Orang dahulu menggunakan siwak untuk membersihkan gigi mereka. Siwak sendiri adalah sikat gigi yang terbuat dari cabang pohon arok. Cabang pohon ini biasanya dipotong dengan ujung yang dibentuk menyerupai serat. Ujung yang berserat ini akan digunakan untuk menyikat gigi agar lebih bersih dan kuat.

Inilah 6 Tanaman untuk Membersihkan Gigi di Zaman Dulu

Inilah 6 Tanaman untuk Membersihkan Gigi di Zaman Dulu

2. Cengkeh

Meskipun rasanya agak pedas, orang dahulu biasa mengunyah cengkeh untuk menguatkan gigi dan nafas mereka. Sering digunakan sebagai ramuan sebagai penambah rasa makanan, cengkeh sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Tidak mengherankan, banyak orang kuno menggunakan cengkeh sebagai pengganti pasta gigi.

3. Biji pinang

Biji pinang yang akan digunakan sebagai pasta gigi biasanya dibakar menjadi abu. Setelah halus, gosokkan buah pinang ke permukaan gigi secara merata dengan pijatan lembut lalu bersihkan dengan air. Biji pinang dipercaya dapat membersihkan dan menguatkan gigi oleh orang-orang kuno.

4. Daun salam

Selain sebagai penambah rasa pada makanan, daun salam juga bisa menjadi alternatif bagi generasi sebelumnya untuk membersihkan gigi. Daun salam hijau dan muda digosokkan di sekitar permukaan gigi.

Berkumurlah dengan air sampai tidak ada sisa daun salam di mulut Anda. Meski sederhana, bahkan daun salam sebenarnya bisa menjadi bahan untuk membersihkan gigi.

5. Daun jambu biji klutuk

Meskipun daun jambu biji umumnya digunakan sebagai obat diare untuk anak kecil, daun jambu biji dapat digunakan untuk membersihkan gigi. Selain buahnya enak, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk kesehatan gigi.

Daun jambu biji muda biasanya dikunyah mentah dan ada yang ditelan karena daun jambu biji dipercaya bisa menyegarkan nafas.

6. Daun sirih

Pernahkah Anda melihat ibu mengunyah daun sirih? Yah, itu bukan tanpa tujuan, Anda tahu. Ibu biasanya menggunakan daun sirih untuk ‘nginang’ dengan mengunyah daun sirih yang dicampur dengan bahan lain.

Untuk merawat kesehatan gigi, ibu-ibu zaman dulu biasa menggunakan daun sirih dengan menggigit dan mengunyahnya.

Leave a Reply